ILP jembatan pelayanan kesehatan di Lotim - OPSINTB.com | News References -->

27/07/24

ILP jembatan pelayanan kesehatan di Lotim

ILP jembatan pelayanan kesehatan di Lotim

 
Ilp lotim

OPSINTB.com - Komitmen pemerintah Kabupaten Lombok Timur, memberikan pelayanan kesehatan terbaik terus di ikhtiarkan. Salah satu langkahnya ialah dengan membangun sistem Integrasi Layanan Primer (ILP).


ILP bakal menjadi jembatan pelayanan mulai dari  Puskesmas hingga Pustu dan Polindes. Dengan begitu, pemerintah berharap dapat meningkatkan pelayanan dan fasilitas kesehatan bagi masyarakat.


Penjabat Bupati Lombok Timur, H Muhammad Juaini Taofik, dalam sambutannya saat launching sistem tersebut, Jumat (25/07/2024) di halaman Instalasi Farmasi, Dikes Lotim, mengatakan, Pemda terus berupaya untuk bertransformasi melalui kolaborasi yang baik dengan semua pihak. Segala bentuk keberhasilan pada sektor ini disebutnya, merupakan kerjasama dengan berbagai elemen di luar kesehatan.


"Posyandu kita begitu bagus, Alhamdulillah stunting kita dapat terbaik konvergensinya, angka sudah mulai turun, saya yakin itu juga dukungan dari luar sektor kesehatan," ucapnya


Lombok Timur, terangnya, merupakan kabupaten yang ke 150 yang meluncurkan sistem tersebut. Kendati demikian dirinya berharap, Kemenkes bisa memberikan perhatian untuk program-program selanjutnya.


Sementara itu, Direktur Jendral Kesehatan Masyarakat, Kemenkes, Maria Endang Sumiwi, yang didampingi oleh Direktur Gizi dan KIA, Lovely Daisy, menerangkan, ILP merupakan pilar pertama transformasi layanan kesehatan menuju Indonesia emas. 


Kesempatan ini, ujarnya, merupakan peluang bagi kabupaten untuk meningkatkan peralatan dan infrastruktur fasilitas kesehatan layanan primer. 


"Pemerintah pusat dalam tiga tahun sudah memiliki laboratorium kesehatan daerah, termasuk provinsi,” terangnya, 


“Seluruh desa ada pustunya, Polindes boleh di-upgrade jadi Pustu, tidak perlu membangun baru,” tambahnya.


Penyediaan sumber daya manusia pendukung, kata dia, menjadi target pemenuhan untuk mendukung transformasi kesehatan tersebut.


Maria berharap Lombok Timur dapat memunculkan best practice dari ILP, sehingga dapat ditiru daerah lain. Menurutnya kunci dari keberhasilan adalah dukungan kuat Kepala Daerah, integrasi kuat dengan lintas sektor, termasuk PKK, juga Camat dan Kepala Desa. 


"Mengingat konvergensi stunting di Lombok Timur sudah bagus, ia optimis konvergensi layanan primer juga akan bagus," ujarnya


Usai peluncuran ILP, rombongan Kemenkes ditemani Pj Bupati Lotim, dan OPD terkait melanjutkan kunjungan lapangan, yakni ke Puskesmas Selong. (red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama